Rabu, 08 Juli 2020

Live Tour: Terjun Langsung dalam Pelestarian Koleksi Antiquariat PUSTAKA Kementan

 

Jakarta – PUSTAKA Kementan (Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Kementerian Pertanian) melaksanakan kegiatan live tour  dengan tema Pelestarian Koleksi Antiquariat (Koleksi Langka) PUSTAKA pada Rabu, 8 Juli 2020. Live tour ini dilaksanakan melalui aplikasi video konferens Zoom dan siaran langsung Youtube pada kanal “Pustaka Kementrian Pertanian” yang meliput langsung beberapa koleksi dan proses pelestarian antiquariat miliki Pustaka Kementerian Pertanian. Webinar yang diadakan oleh Pustaka Kementerian Pertanian ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan OViral (Open Virtual Literacy) yang merupakan salah satu layanan perpustakaan berbasis virtual yang disediakan oleh Pustaka Kementan.

“Merawat buku-buku langka penting untuk dilakukan baik dari segi substansi, historis, dan autentikasi walaupun sudah dilakukan digitalisasi” ujar Dr. Ir. Abdul Basit MS. selaku kepala pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian pada pembukaan acara pada pukul 09.00 WIB pagi ini. Dalam sambutannya Basit mengatakan bahwa semua perpustakaan yang ada memiliki kewajiban untuk merawat buku-buku atau koleksi langka yang dimiliki, dalam upaya untuk melestarikan koleksi langka perpustakaan bisa mengirimkan delegasi SDM untuk belajar mengenai ilmu-ilmu yang diperlukan dalam melaksanakan preservasi koleksi dan kerjasama dalam bidang preservasi koleksi dengan lembaga yang memiliki koleksi antiquariat.

Pada Live Tour ini diperlihatkan proses-proses pelestarian yang dilakukan oleh Tim Antiquariat Pustaka yang sudah menjalani pelatihan baik di dalam negeri dengan pembinaan dari Perpusnas dan diluar negeri. Live tour koleksi antiquariat Pustaka Kementan dimulai dengan penjelasan sejarah berdirinya Pustaka Kementan dan koleksi-koleksi antiquariat apa saja yang dimiliki oleh Pustaka Kementan yang dilanjutkan dengan tour langsung ke dalam ruangan display koleksi antiquariat Kementan. Selanjutnya dilakukan bincang-bincang dengan Bapak Eka Kusmayati selaku Koordinator Kegiatan Preservasi dan Konservasi di Pustaka.

Kemudian Live Tour dilanjutkan dengan mengunjungi laboratorium Perpustakaan dimana tindakan preservasi terhadap koleksi antiquariat dilakukan. Terdapat beberapa bentuk perawatan dalam pemeliharaan koleksi antiquariat yaitu terdiri atas pemutihan (Bleaching), laminasi buku, Penjilidan buku, alih media yang dilakukan diruang digitasi dan pengelolaan koleksi antiquariat dalam database dengan menggunakan Slims. Penjelasan mengenai teknik perawatan di lakukan dengan peragaan dan secara teknis dengan menjelaskan proses perawatan step by step serta menjelaskan alat dan bahan apa saja yang digunakan.

Dengan diadakannya kegiatan Live Tour Library yang diadakan oleh Pustaka Kementan ini diharapkan dapat memberikan informasi yang bermanfaat terkait layanan perpustakaan saat ini khususnya bagi pengguna dan pengelola perpustakaan. Selain itu,  Live tour Library ini juga dapat menjadi inspirasi bagi perpustakaan lain dalam mengembangkan dan memperbaiki layanan perpustakaan yang ada (Putri, Maria. Editor: Dhestari ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Social Media

Perpustakaan Balitbangdiklat, Kementerian A gama pada hari R abu (17/07/23) melakukan kegiatan seminar bedah buku secara hybrid dengan tem...

Popular Posts