Rabu, 05 Juli 2023

Adaptasi Teknologi di Era Digital


Perpustakaan Balitbangdiklat, Kementerian Agama pada hari Rabu (17/07/23) melakukan kegiatan seminar bedah buku secara hybrid dengan tema “Organisasi Adaptif di Era Digital” yang diselenggarakan melalui Zoom dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube serta secara offline di Merlynn Park Hotel Jakarta. Acara dibuka oleh Hariyah selaku Kepala Sub. Tim Perpustakaan dan dilanjutkan oleh moderator, Haris Burhani yang menambahkan beberapa pengantar sifat adaptif individu maupun organisasi terhadap teknologi.

Bedah buku kali ini, mengulas buku karya H. Slamet yang berjudul “Organisasi Adaptif di Era Digital” sekaligus narasumber acara. Slamet menjelaskan bahwa penulisan buku dilatarbelakangi oleh 3 hal, pertama era pertanian dan industri, kedua tahun 2000-an dimana terjadi pergeseran paradigma dan yang ketiga era digital, era informasi dan era konseptual. Slamet juga menambahkan bahwa ketika memasukkan teknologi informasi ke dalam organisasi, transformasi yang dapat terlihat dengan jelas adalah perubahan budaya, sistem dan pola pikir organisasi tersebut.

Sebagai tambahan, Slamet mengatakan “Teknologi diciptakan bukan hanya sebagai alat otomatisasi, namun senjata yang strategis untuk meningkatkan daya saing dan kinerja dalam institusi publik. Dapat ditarik kesimpulan bahwa teknologi dan sifat adaptif yang terdapat dalam sebuah organisasi saling memiliki keterkaitan. Teknologi dapat diibaratkan sebagai sebuah pisau bermata dua, jika penggunanya kurang bijak dan tidak bisa mengikuti perubahan kemajuan yang dibawa oleh teknologi tersebut maka pengguna nya akan mendapat kerugian, sebaliknya jika sebuah teknologi dapat dikuasai dengan benar maka perkembangan dan kemajuan sebuah organisasi akan dengan cepat terlihat dan dirasakan.

Pada akhir acara, moderator memberikan kesempatan kepada peserta untuk berdiskusi dan tanya-jawab terkait materi bedah buku yang telah disampaikan. Beberapa masukan dan pertanyaan telah diterima oleh narasumber sebagai pengisi acara, tentu dengan jawaban singkat dan jelas untuk memenuhi keingintahuan para peserta. Acara seminar ini ditutup dengan dokumentasi foto oleh panitia bersama dengan narasumber dan peserta yang hadir baik via Zoom dan secara langsung. (Salwa, Ed: Desta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Social Media

Perpustakaan Balitbangdiklat, Kementerian A gama pada hari R abu (17/07/23) melakukan kegiatan seminar bedah buku secara hybrid dengan tem...

Popular Posts